PERTANYAAN-PERTANYAAN WAWANCARA BEASISWA LPDP DAN JAWABANNYA Tips dan Trick – Kiky Edward

https://kikyedward.wordpress.com/2016/05/14/wawancara-beasiswa-lpdp-dan-jawabannya-tips-tricks/

Dipublikasi di Uncategorized | Meninggalkan komentar

Sebuah Nama dalam Doa

“Ku sebut nama mu dalam setiap doaku” tulis seorang remaja tanggung dalam status facebook nya. Ntah dia paham dengan apa yang dia tuliskan, saya kurang tau. Ntah dia serius atau hanya sekedar status galau, saya juga kurang tau. Yang jelas saya sedikit tergelitik dan jadi senyum-senyum sendiri menahan tawa melihat tingkah bocah ingusan ini.

Di lain waktu ada seorang pria, sebut saja namanya Mada. Si pria ini memiliki teman wanita, sebut saja Bunga. Mungkin saking dekatnya hubungan pertemanan mereka, senantiasa bertukar kabar (walaupun hanya via telfon, bbm dkk), Mada merasa hubungan mereka sudah sangat dekat dan bisa dibilang serius. Suatu ketika seperti
biasanya mereka berbincang ria via telfon.

“Setiap habis shalat biasanya doa kamu apa?”, tanya Mada.

“Yahhh… ngedoa’in orangtuaku lah. Doa’in saudara-saudaraku dan keluargaku, doa’in pendidikan dan karirku kedepannya”, jawab Bunga dengan santai.

“Yaa selain itu? Masa’ itu doang? Seperti masalah jodoh mungkin?”, tanya Mada lagi tidak sabaran.

“Ohhh jodoh. Yaa aku doa’in juga dong. Aku minta kepada Tuhan buat dijodohkan dengan laki-laki sholeh. Siapapun itu orangnya, yang penting bisa membimbingku dan anak-anakku kelak ke jalan-Nya”.

“Siapapun itu orangnya? Jadi kau tidak menyebut namaku dalam doa mu?”, kali ini Mada tidak hanya sekedar bertanya. Seperti ada sebuah tuntutan atau permintaan di pertanyaan  terakhir ini.

Bunga sedikit kaget dengan pertanyaan Mada. “Lahh iya. Apapun yang diberikan Tuhan itulah yang terbaik. Berdoa agar diberikan laki-laki sholeh, bukankah itu doa yang baik? Memangnya ada masalah dengan itu?”, Bunga balik bertanya dengan perasaan jengkel.

“Bunga… asal kau tau. Dalam setiap doa ku, setiap aku shalat malam, di setiap tahajjud ku, aku selalu menyebut nama mu. Aku selalu berdoa agar hubungan kita dipermudah. Aku selalu berdoa kepada Tuhan agar kita berjodoh. Hanya nama mu Bunga, tidak ada nama wanita lain”.

“Lohh memangnya ada apa dengan hubungan kita?”, tanya Bunga lagi dengan nada polos, dan ini pastinya akan sangat sangat membuat Mada semakin menggalau ria. Hahaha😀

Jadi teringat dengan isi materi yang disampaikan murobbi-ku beberapa tahun silam saat mentoring. Kala itu beliau bercerita tentang sebuah kisah perjalanan seorang teman yang tak kunjung dipertemukan dengan jodohnya. Lantas apa yang dilakukan teman beliau tersebut? Menggalau-ria kah? Update status galau kah? Guling-guling di pasir kah? Atau ikutan daftar jadi peserta di website ajang pencarian jodoh? Seperti loveluve.com atau cupid.com misalnya? Haha😀. “Mbak cuma berdoa kepada Allah biar dipertemukan dengan seorang laki-laki sholeh”, jawaban yang sederhana tapi pas kena di hati. Lalu apa yang terjadi kemudian? Subhanallah, puji Tuhan, akhirnya si teman beliau ini menikah dengan seorang laki-laki sholeh, persis seperti doanya. Tidak hanya sekedar sholeh, tapi juga seorang pria berpendidikan tinggi, mapan, dan juga rupawan. “Jadi, buat adik-adik, juga buat Uni yang masih single ini, hehehehe, kita cukup meminta laki-laki sholeh kepada Allah. Nggak usah menyebut-nyebut nama si A, nama si B, si C. Allah lebih tau mana yang terbaik buat kita. Kalau sudah sholeh, pastinya aspek-aspek lain sisi kehidupannya akan baik juga. Insya Allah…”, kata murobbi-ku yang saat itu juga masih single.

Dipublikasi di Corat-coret | Tag , , | 2 Komentar

Hujan dan Rindu

indexDi luar sana, kabut menghalangi pandangku. Kabut juga menyelimuti hatiku, seperti rinduku padamu.

Hujan sore ini tak seperti biasanya. Meski derasnya tak membasahi raga. Namun rinainya meresap perih ke dalam sukma.

Entah sejak kapan, hujan mulai membuatku bersedih hati. Membiarkanku termenung diri. Dalam ratapan hati yang semakin sunyi.

Petir menggelegar. Layaknya cahaya cinta yang berpendar. Aku, semakin rindu padamu (Ibu)….

Bogor, 28 Februari 2015
at 05.00 pm

Dipublikasi di PUISI | Tag , , , | Meninggalkan komentar

Jurus Jitu Bangun dan Beribadah di Sepertiga Malam

Bagi orang Muslim, sholat tahajud adalah ibadah sunah. Selain bisa menenangkan jiwa, doa-doamu pun akan lebih mudah dikabulkan dengan rajin melakukan ibadah ini. Sayangnya, banyak orang menganggap sholat tahajud berat untuk dilakukan. Maklum, saat sepertiga malam datang kita lebih memilih untuk terlelap hingga subuh siang. Saat membuka mata, ternyata matahari sudah terang benderang, waktu sholat pun sudah lewat.

Nah, berniat sholat tahajud tapi susah bangun? Sekarang sholat tahajud tak kan lagi terasa berat jika kamu menerapkan 10 tips praktikal ini. Simak baik-baik ya.

1. Jika ingin bangun di sepertiga malam, kamu wajib berhenti begadang dan segeralah tidur kurang dari jam 10.00 malam.

Jangan begadang ya, Bang

Jika kamu ingin bangun di sepertiga malam, maka kamu wajib menghentikan kebiasaan begadang. Tubuh yang sudah lelah beraktivitas hingga larut malam akan membuatmu susah untuk bangun pada dini hari. Jika kamu berharap bisa bangun jam 2.00 pagi, setidaknya kamu sudah tidur pada pukul 22.00. Jika kamu ingin bangun pada pukul 3.00 pagi setidaknya kamu sudah terlelap pada pukul 23.00. Biasanya kamu bisa bangun dengan kondisi yang segar saat kamu sudah tidur 4 jam.

Nah, tidur lebih awal bukan hanya membuatmu lebih segar saat bangun pagi-pagi buta, produktivitas otakmu juga bisa menjadi lebih cemerlang dan khusyuk saat berdoa. Jadi mulai sekarang kamu bisa tidur lebih awal untuk membuat siklus tidur baru agar melaksanakan sholat tahajud gak lagi jadi angan-angan, tapi juga bisa dilakukan.

2. Menata kamar sebelum tidur bisa membuat istirahatmu lebih berkualitas dan semangatmu menyala. Bangun dini hari, yang menyambutmu adalah kamar rapi jali.

Kamarnya dirapiin dulu ya biar bisa bangun pagi

Bangun saat dini hari kadang menjadi hal yang berat apalagi saat kamu sudah padat aktivitas di siang hari. Namun, sekarang bangun dini hari bukan hal yang mustahil jika kamu mendapatkan tidur berkualitas meskipun tidur dalam waktu yang singkat. Salah satu caranya adalah dengan mengkondisikan kamar agar nyaman. Misalnya kamu bisa mulai membersihkan kasurmu menjelang tidur dan menyingkirkan gadget dan barang elektronik dari atas ranjang. Serta jangan lupa rutin mengganti sprei dan sarung bantal setiap pekan. Nah,  aktivitas ini, gak jarang tidurmu akan lebih relaks dan berkualitas. Jadi kamu bisa bangun di sepertiga malam untuk berdoa dengan semangat dan tak lagi malas-malasan.

3. Bangun dini hari menjadi lebih mudah jika kamu tidak lagi makan terlalu kenyang, apalagi saat makan malam. Setidaknya akhiri santapanmu pada jam 18.00.

Berhenti makan terlalu kenyang

Jika kamu benar-benar ingin bisa berdoa pada waktu spesial, coba kamu berhenti makan terlalu banyak saat malam. Karena makan kenyang akan membuat perutmu terasa penuh dan malas bergerak. Jadi disarankan kamu bisa menghentikan makan malam pada jam 18.00 sore dengan makan menu-menu yang sesuai. Dengan begitu cara ini, pencernaanmu juga bisa menjadi lebih relaks saat tidur dan kamu menjadi lebih mudah bangun dini hari. Selain keadaan lambung yang tidak terlalu penuh dengan makanan membuat metabolisme tubuhmu sedikit istirahat saat terlelap.

4. Minum segelas air putih sebelum pergi tidur bisa menjadi jurus untuk bangun dini hari tanpa lesu.

MInum air putih sebelum tidur

Gak jarang sholat tahajud hanya sekedar niat dalam ucapan yang tak pernah dilakukan. Nah, jika kamu ingin bangun dan mewujudkannya di sepertiga malam, kamu bisa coba minum segelas air putih sebelum beranjak tidur. Air putih akan membantu tubuhmu menjadi lebih segar dengan asupan oksigen yang ada dalam air mineral. Selain itu, asupan cairan juga akan membuat tidurmu menjadi lebih berkualitas. Gak jarang kamu juga menjadi lebih merasa bugar saat tersadar dari lelap tidur di tengah malam.

5. Tidur dengan posisi miring ke kanan juga bisa membuatmu mendapatkan tidur yang berkualitas, jadi kamu bisa merasa segar saat harus beranjak dari kasur.

Tidur miring kekanan biar nyenyak

Untuk bangun di sepertiga malam menjadi berat lantaran kamu malas untuk segera beranjak. Alih-alih ingin segera menemukan air wudhu, kamu justru merasa sangat ngantuk karena tidurmu yang tidak benar-benar membuat beristirahat. Nah, jika kamu ingin melaksanakan sholat sunah dengan segar, ikuti saja ajaran Nabi dengan tidur dalam posisi miring ke kanan.

Posisi ini bisa mengistirahatkan otak kirimu yang biasa digunakan sehari-hari untuk bergerak. Selain itu, kamu juga bisa mengistirahatkan jantung dan lambungmu lho. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan istirahat  yang berkualitas dan kamu tak perlu lagi takut merasa lelah atau ngantuk di kantor saat harus bangun tengah malam. Sekarang kamu bisa segera beranjak dari kasur dengan rasa segar.

6. Agar kamu bisa bangun tengah malam tanpa kantung mata mengembang, sempatkan tidur siang sejenak. Dengan ini, otakmu juga bisa jadi lebih cemerlang.

Sempatkanlah untuk tidur siang sebentar

Untuk bangun dini hari dengan segar, kamu bisa coba menerapkan tidur siang sebentar mulai sekarang. Kamu bisa meluangkan waktu 15-30 menit untuk terlelap. Jadi rasa lelahmu tidak akan terakumulasi di malam hari. Selain itu bisa meningkatkan respon otak, meningkatkan kemampuan belajar, dan memperbaiki kemampuan koordinasi.  Tak hanya itu, penelitian di Jepang juga menunjukan bahwa tidur siang selama 15 menit bisa mengurangi ketegangan dan stress lho.

Nah, jika kamu melakukan hal ini, maka tidur malammu akan menjadi lebih berkualitas dan kamu bisa bangun di tengah malam kamu tanpa merasa letih dan lemas. Dini harimu bisa terasa lebih cerah.

7. Sediakan sapu tangan dan air dalam mangkok di samping kamar tidurmu. Jika kamu sudah sadar tapi malas membuka mata, mengusapkanya bisa membuat kantuk hilang dalam sekejap.

Gunakan handuk dan air dalam mangkok

Gak jarang mungkin otakmu sudah tersadar dari tidur, tapi kamu merasa susah untuk membuka mata karena rasa kantuk yang menyerang. Hal ini bisa kamu siasati dengan menyediakan sapu tangana atau handuk dan air dalam mangkok. Lalu letakkan di samping kamar tidurmu. Nah, jika kamu sudah tersadar tapi matamu terasa berat untuk terbuka, langsung saja usapkan sapu tangan basah untuk membuatmu menjadi lebih segar. Dengan begini, gak jarang rasa kantukmu akan lenyap dan kamu bisa merasa lebih fresh untuk segera melangkah mengambil air wudhu. Jadi kamu bisa berdoa dengan khusyuk.

8. Selain memasang alarm, kamu bisa manfaatkan orang-orang di sekitar untuk membangunkanmu . Gak jarang kamu akan terpaksa untuk menyahut dan segera terbangun.

Bangun woy!

Bangun pagi tidak lengkap kalau tidak mengandalkan alarm. Namun, alih-alih kamu bangun untuk segera mengambil air wudhu, kamu justru menekan tombol snooze udan pergi tidur lagi sampai pagi. Nah, sekarang kamu bisa manfaatkan orang-orang terdekat untuk membangunkanmu. Misalnya orang tua atau teman yang biasa bangun tengah malam. Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan pacar untuk meleponmu.

Gak jarang kamu akan terpaksa menyahut dan mengangkat telepon. Dengan begitu, kamu bisa lebih cepat sadar dan membuatmu terpaksa bangun karena sudah merepotkan orang. Kamu gak mau juga ‘kan sudah meminta tolong mereka tapi malah membuat mereka kesal karena kamu tidak segera bangun?

9. Nah, jika kamu sudah menemukan waktu tidur yang pas untuk bangun dan memanjatkan doa di sepertiga malam. Jagalah baik-baik pola ini dengan selalu melakukan saban hari.

Kamu bisa bangun dengan snedirinya

Mendapatkan kesempatan dan kemudahan untuk bisa bangun tengan malam memang menjadi keberkahan tersendiri bagi umat muslim. Selain diberi waktu untuk menyegarkan otak di dini hari yang kaya akan oksigen, kamu juga bisa memanjatkan doa yang dijamin untuk dikabulkan. Jadi, jika kamu sudah bisa bangun pada jam 12, jam 1,  jam 2,atau jam 3 pagi dengan tips ini, maka jagalah kebiasaan bangun seperti ini.

Dengan tetap menjaga waktu tidur dan bangun pada jam yang sama, maka lama kelamaan tubuhmu akan membentuk siklus sirkardian. Jadi kamu tak perlu lagi bantuan alarm atau orang-orang membangunkanmu, karena tubuhmu akan secara otomatis bangun tanpa perintahmu. Irama ini akan terbentuk secara alami jika kamu bisa melakukanya saban hari hingga 21 hari.

Maka nikmat Allah S.W.T mana yang kamu dustakan ketika kamu bisa bangun dan memanjatkan doa di waktu spesial?

10. Dengan niat yang kuat, rasa kantuk dan malas tak lagi menjadi halangan untuk bangun tengah malam. Tips ini pun menjadi mudah untuk diterapkan.

Niat untuk sholat tahajud

Apapun tipsnya, niat yang kuat menjadi hal utama untuk bisa membuatmu segera beranjak dan mengambil air wudhu untuk melaksanakan sholat. Kesadaran akan pentingnya berdoa dengan mesra saat sepertiga malam juga bisa membuat menjadi lebih semangat untuk bangun tanpa rasa malas. Karena bagaimanapun tips ini tidak akan bekerja optimal jika kamu tak pasang niat kuat dari awal. Udara dingin dan rasa kantuk yang berat akan terasa kecil jika kamu pasang niat baik dan semangat yang kuat.

Jika kamu ingin merayu-Nya untuk mengabulkan semua doamu, maka sholat tahajud menjadi salah satu cara yang bisa kamu tempuh. Karena ibadah ini dilakukan pada dini hari, gak jarang kamu harus melawan rasa kantuk dan dinginnya malam untuk bisa khusyuk memanjatkan doa. Nah, cara ini bisa kamu aplikasikan agar kamu tak melewatkan waktu istimewa.

Semoga doamu terkabulkan ya.

(Sumber: http://www.hipwee.com/tips/bangun-dan-beribadah-di-sepertiga-malam-tak-lagi-berat-kalau-kamu-melakukan-10-hal-ini/)

Dipublikasi di Tahukah Kamu?? | 2 Komentar

Bisa Kaya di Usia Muda, Why not??

Siapa sih orang di dunia ini yang nggak kepengen kaya? Pasti semua orang pengen dong ya. Gak cuma bisa membuat kita hidup enak, tapi kekayaan juga bisa membuat seseorang lebih punya kesempatan untuk berbagi dan membantu orang lain.

Asal kamu tahu aja, gak cuma orang yang udah berumur loh yang bisa memperoleh kekayaan. Kamu gak perlu bekerja berpuluh-puluh tahun sebelum jadi orang kaya. Karena semuanya bisa kamu mulai dari sekarang. Apa aja sih yang harus kamu lakukan biar bisa kaya di usia muda?

1. Ciptakan Impian Soal Karir dan Pekerjaan Masa Depan

Pekerjaan impian

Kalau sampai sekarang kamu masih belum tahu pengen jadi kaya dengan cara macam apa, lebih baik segeralah tentukan pekerjaan dan karir impianmu. Punya impian yang jelas soal bagaimana kamu akan mencapai kekayaan akan membuatmu lebih semangat berusaha. Kalau perlu, tuliskan impian itu besar-besar dan tempelkan di tempat yang mudah kamu lihat.

2. Pilih Pendidikan yang Paling Sesuai Dengan Minat dan Bakatmu

Pendidikan sesuai minat

Orang-orang sukses biasanya mendalami hal yang paling mereka sukai dalam hidup. Kamu akan mengalami kesuksesan yang sama, atau bahkan lebih — jika kamu menempuh pendidikan sesuai dengan minat dan bakatmu.

Hal ini akan menjadi bekal yang berharga dalam usahamu mengumpulkan pundi-pundi kekayaan nantinya. Jika kamu nggak tahu apa yang ingin kamu tekuni dan punya semangat “kerja-apa-aja-boleh-asal-kaya-dan-banyak-duit”  daftar pekerjaan dengan gaji tertinggi di Indonesia.

3. Sisihkan 25% dari total pendapatanmu setahun

25% dari penghasilan

Kalau kamu masih minta uang saku dari orang tua, berapa yang kamu dapat per-bulannya? 500 ribu? Berarti dalam setahun kamu harus bisa menyisihkan minimal Rp 1.500.000,00 . Kalau kamu udah punya gaji sendiri, caranya juga sama. Sisihkan 1/4 dari total gajimu.

Uang ini jangan diotak-atik, jangan tergoda untuk belanja atau traveling pakai uang simpanan ini. Tujuan utama dari menyisihkan seperempat uangmu adalah untuk investasi dan dana tak terduga.

4. Mulailah Berinvestasi Di Pasar Modal

Investasi di pasar modal

Letakkan 25% dari pendapatan tahunan yang telah kamu sisihkan dalam skema investasi pasar modal. Caranya bisa bermacam-macam. Kamu bisa mencoba peruntungan dengan membeli valuta asing kemudian menukarkannya saat nilai tukar naik, investasi emas, ikut program deposito atau bisa juga lewat saham dan reksadana.

Menurut beberapa pendapat, investasi paling memungkinkan untuk anak muda yang baru punya penghasilan adalah investasi reksadana. Melalui skema investasi ini, kamu dapat membeli reksadana saham mulai dari Rp 100.000,00. Cukup ringan kan untuk kantong anak muda?

Cukup aman

Investasi ini juga terbukti cukup aman jika dibandingkan dengan skema investasi lain. Sebab berbeda dengan investasi pada umumnya yang benar-benar mengandalkan spekulasi, dalam investasi reksadana kamu masih akan didampingi oleh seorang Manajer Investasi (MI) yang sudah berpengalaman. Jadi dialah yang akan mengatur kemana uangmu akan diinvestasikan.

5. Kalau kamu punya uang lebih, berinvestasilah di Bidang Properti

Investasi di properti

Investasi di bidang properti memang membutuhkan stabilitas dana dan modal awal yang besar. Namun keuntungan jangka panjangnya juga tidak main-main. Di tahun 2011 saja harga properti di Jakarta sudah naik sebesar 38%, sementara di Bali kenaikan harga properti mencapai 20%. Angka ini cukup fantastis, dua kali lipat diatas angka kenaikan harga properti di Dubai. (data, disini)

Mulai cicil perumahan

Jadi mulai sekarang, kalau kamu sudah punya penghasilan maka pertimbangkan untuk menyisihkan uangmu demi mencicil perumahan sederhana atau apartemen mini. Beberapa tahun lagi jika properti tersebut kamu jual atau kamu sewakan dijamin harganya akan meroket.

6. Mulailah ambil asuransi untuk proteksi diri

Sisihkan juga uangmu (diluar dari yang 25% per-tahun tadi, ya) untuk membeli asuransi kesehatan atau asuransi jiwa. Walau kamu sudah punya asuransi dari kantor atau masih ditanggung orang tua, tapi biasanya asuransi korporat tidak menanggung beberapa kasus khusus.

Dana kesehatan adalah dana tak terduga yang bisa membuat tabunganmu terkuras jika tidak kamu persiapkan dengan baik. Lebih baik sisihkan beberapa ratus ribu setiap bulannya untuk menghindari kerugian mendadak yang bisa menghampirimu tiba-tiba.

7. Coba Memulai Usaha Sendiri, Ambil Resiko

CEO Kaskus

Amat jarang orang yang bisa jadi milyuner tapi seumur hidupya jadi karyawan. Biasanya mereka yang sangat sukses dalam bidang finansial berani mengambil resiko dengan berusaha memulai usaha sendiri. Gak perlu drastis meninggalkan pekerjaanmu sekarang kalau kamu belum sepenuhnya yakin.

Cobalah memulai usaha di bidang yang kamu minati secara paruh waktu dulu. Toh sekarang kemudahan teknologi sudah bisa membantumu. Kamu bisa menjalankan usahamu via online sehingga bisa kamu kerjakan di sela-sela kesibukan pekerjaan kantoranmu. Saat sudah benar-benar menghasilkan, barulah kamu bisa keluar dari pekerjaan rutinmu dan fokus ke bisnis yang ingin kamu rintis.

8. Gak usah gampang tergiur sama teknologi baru

Gila teknologi

Keborosan anak muda biasanya terletak di belanja gadget. Handphone dan tablet masih bisa dipakai, eeeh udah tergiur sama produk keluaran terbaru. Padahal ya bedanya gak jauh. Gak jarang beberapa orang bela-belain nyicil demi bisa dapat gadget keluaran terbaru. Tahan dirimu untuk menuruti hawa nafsu mengikuti kemajuan teknologi yang nggak akan ada ujungnya itu.

Daripada dipakai buat membuat dirimu kelihatan lebih keren didepan teman-teman, lebih baik uang itu kamu tabung atau kamu jadikan dana investasi. Alih-alih keluar uang, kamu justru bisa menghasilkan dana untuk masa depanmu. Walau sekarang pakai HP jadul, tapi kalau di rekening uang mengalir terus ya siapa yang nggak mau?

9. Jangan Takut Hidup Susah

Jangan takut makan di warteg

Kalau pengen sukses dan kaya raya tanpa mau merintis dari nol, ya apa kabar? Gak ada kesuksesan yang dibangun dalam semalam. Seperti artikel tentang Wu Shihong, mantan cleaning service yang jadi manager IBM&Microsoft. Orang sesukses dia saja memulai karirnya dari bawah.

Antrean busway

Jadi, jangan takut mulai bekerja dengan gaji rendah. Jangan takut tinggal di kos atau kontrakan sederhana selama beberapa waktu. Jangan takut gak punya mobil keren dan malah pakai angkutan umum demi bisa berinvestasi. Jangan takut terlihat kalah trendi dari lingkungan sekitarmu. Ingat, kamu sedang prihatin mencoba hidup sedikit susah demi kekayaan yang akan kamu nikmati di masa depan.

10. Kerja Keras, Kerja Pintar

Kerja Keras

Ini yang paling penting dari semuanya. Walau kamu sudah berinvestasi, sudah punya pendidikan OK, tapi tidak punya semangat juang maka ucapkan selamat tinggal pada kekayaan yang diharapkan. Ia tidak akan datang. Mumpung masih muda, maksimalkan waktumu untuk fokus kerja-kerja dan kerja.

Manfaatkan teknologi

Datanglah paling pagi ke kantor, kerjakan pekerjaanmu dengan semaksimal mungkin, manfaatkan teknologi dan sarana yang ada untuk membantu pekerjaanmu. Mulailah menjalankan bisnismu sendiri, perbanyak koneksi dan relasi di dunia profesional, plus jangan ragu untuk mulai belajar berinvestasi.

Jika hal-hal ini secara konsisten kamu lakukan, maka keamanan finansial akan perlahan kamu dapatkan. Selamat datang masa muda yang nyaman, bersiaplah untuk masa tua yang bisa dinikmati dengan indah bersama keluarga pasangan.

(Sumber: http://www.hipwee.com/sukses/ini-10-cara-biar-kamu-bisa-kaya-di-usia-muda/)

Dipublikasi di Masa Depan | Tag , , , , | 5 Komentar

Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, Pura Cantik di Kaki Gunung Salak Bogor

Indahnya Pura Parahyangan Agung Jagatkarsa dengan latar Gunung Salak

Indahnya Pura Parahyangan Agung Jagatkarta dengan latar Gunung Salak

Sudah lama rasanya Girjay the Gengs tak bersua. Sejak beberapa bulan yang lalu teman-teman seatap sepenanggunganku selama di Garut ini mengajak buat meet up. Hingga pada akhirnya walau personilnya tidak lengkap, kami pun memutuskan untuk pelesiran ke Pura Parahyangan Agung Jagatkarsa. Yeayyy akhirnya kita bisa seru-seruan bareng lagi Geng!!!

Ya, jika ingin melihat kemegahan dan keanggunan pura, tak perlu jauh-jauh ke Bali. Di Bogor, Jawa Barat, sebuah pura megah nan indah berdiri tegak berlatarkan Gunung Salak. Banyak yang tidak mengetahui ada pura terbesar di luar Bali setelah Pura Besakih. Kemegahan dan keindahannya tak kalah dengan Pura Besakih. Inilah Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Taman Sari Gunung Salak yang terletak di kota hujan, Bogor.

Untuk menuju Pura Parahyangan Agung Jagatkarta, bisa naik angkot 13 jurusan Bantar Kemang-Ramayana atau 06 jurusan Ciheuleut-Ramayana dari terminal Baranang Siang. Kemudian turun di Bogor Trade Mall dan disambung dengan angkot 03 jurusan Ciapus-Ramayana arah Warung Loa. Jika naik kereta, dari Stasiun Bogor, naik angkot 02 jurusan Terminal Bubulak/Laladon-Sukasari, turun di Bogor Trade Mall dan disambung dengan angkot 03 jurusan Ciapus-Ramayana arah Warung Loa.

pura6

Jalan menuju Pura, disuguhi pemandangan hijau.

Jalan menuju Pura, disuguhi pemandangan hijau.

Dari Kota Bogor menuju arah Ciapus, jalanannya mulus seperti jalan tol. Agak sulit untuk menemukan lokasi karena minimnya papan informasi di sisi jalan. Tetapi karena kami kesana menggunakan jasa angkot dengan ongkos sebesar 6 ribu rupiah, jadi hanya tinggal duduk manis di bagian jok penumpang. Angkot hanya mengantarkan kami sampai persimpangan jalan menuju pura, selebihnya naik ojek untuk diantarkan sampai ke depan pura dengan membayar ongkos sebesar 7 ribu-10 ribu rupiah, tergantung negosiasi dengan Abang tukang ojek. Sepanjang jalan menuju Pura mata terasa segar disuguhi pemandangan alam yang hijau nan asri didukung dengan cuaca yang berhawa seju. Hmmmm lengkaplah sudah….

Selamat datang di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta.

Selamat datang di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta.

Baca dulu sebelum memasuki pura.

Baca dulu sebelum memasuki pura.

Tiba di lokasi ternyata kami kurang beruntung. Hari itu bertepatan dengan hari upacara Siwa Ratri. Siwa Ratri adalah hari suci untuk melaksanakan pemujaan ke hadapan Hyang Widhi Wasa/ Tuhan Yang Maha Esa dalam perwujudannya sebagai Sang Hyang Siwa. Tadinya sudah direncanakan sepagi mungkin berangkat dari kampus agar bisa puas bebas pelesiran di pura, jadinya kami hanya bisa menunggu pasrah sampai pura dibuka untuk umum. Sembari menunggu, kami jalan-jalan dan berfoto-foto ria di sekitar kawasan pura utama Parahyangan Agung Jagatkarsa yang masih bisa dimasuki oleh pengunjung umum. Ternyata masih ada pura kecil –saya lupa apa nama puranya, dan kami bertemu dengan seorang bapak yang sudah cukup tua tapi kelihatan masih cukup bugar dengan balutan kain dan pakaian khas Bali, bernama I Made Sadnja. Beliau adalah pensiunan angkatan udara. Bersama dengan istrinya yang juga pensiunan angkatan darat, beliau mendirikan pura kecil ini atas dana pribadi. Banyak yang didapatkan selama mengobrol dengan beliau, diantaranya yaitu “beliau mengajarkan untuk selalu berdoa, mengucap syukur, dan mendoakan orangtua”.

Setelah beberapa jam menunggu dan menghabiskan waktu bersama pak I Made Sadnja, akhirnya upacara keagamaan selesai dan kami pun bisa memasuki pura. Memasuki kawasan Pura, kami langsung disambut dengan suguhan pemandangan bangunan kokoh kuno penuh sejarah berwarna hitam dan lilitan kain panjang berwarna kuning terang, terlihat kontras dengan hijaunya alam di sekitarnya. Benar-benar tidak pernah terbayangkan adanya candi cantik di pedalaman wilayah Bogor. Perasaan tenang, nyaman dan damai yang langsung terasa saat menatap Pura.

Kuil yang dibangun untuk menghormati Prabu Siliwangi di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta.

Kuil yang dibangun untuk menghormati Prabu Siliwangi di Pura Parahyangan Agung Jagatkarta.

Pura yang berlokasi di Desa Warung Loa, Kecamatan Taman Sari, Bogor ini memang anggun dan cantik. Nuansa Bali yang dikolaborasikan dengan latar Gunung Salak terlihat begitu indah. Lokasinya yang berada di pegunungan, menjadikan siapa saja betah berlama-lama menikmati keasrian dan kesejukannya.

Sedikit berbicara mengenai sejarah, Pura Parahyangan Agung Jagatkarta adalah pura agama Hindu Nusantara terbesar di Jawa Barat dan terbesar ke-2 di Indonesia setelah Pura Besakih di Bali. Konon katanya pura ini dianggap sebagai tempat persemayaman dan pemujaan terhadap Prabu Siliwangi dan para leluhur dari Pakuan Pajajaran yang pernah berdiri di wilayah Parahyangan.

Aktifitas ber-selfie ria pun dimulai... :D

Aktifitas ber-selfie ria pun dimulai…😀

Kebersihan Pura sangat terjaga dengan rapih. Setiap pengunjung baik umum maupun pemeluk agama Hindu yang akan beribadah wajib menanggalkan alas kaki sebelum menapaki tangga menuju Pura. Pengunjung juga diwajibkan menggunakan selembar kain atau selendang yang diikatkan dipinggang. Kain atau selendang disediakan oleh pengelola Pura tanpa dipungut bayaran. Keindahan Pura Parahyangan Agung Jagatkarta Taman Sari Gunung Salak dijamin akan membuat Anda terpukau. Jadi, sempatkan datang ya jika sedang jalan-jalan ke Bogor.

Selamat berkunjung…. ^_^

Dipublikasi di Jalan-jalan | Tag , , | 2 Komentar

Mengintip Eksotisme Pesona Kawah Darajat

Berpose dengan anak-anak desa Pasir Wangi ketika rehat diperjalanan.

Berpose dengan anak-anak desa Pasir Wangi ketika rehat di perjalanan.

Apa sesungguhnya yang menjadi daya tarik Kawah Darajat? Tiada lain kawasan ini memiliki kawah yang menghasilkan uap panas serta bentangan pemandangan alamnya yang terdiri dari deretan pegunungan serta perkebunan yang membuatnya menjadi spesial untuk dijadikan salah satu alternatif berwisata ke Kota Dodol. Banyak pengunjung yang datang ke Kawah Darajat melakukan aktifitas seperti trekking, menikmati pemandangan, pemotretan, maupun melakukan penelitian mengenai kawah.

Kawasan ini berbukit dengan pemandangan hijau memanjakan mata. Persawahan dan tanaman sayuran membuat mata tak berkedip. Udaranya sejuk, mengelus wajah. Hal yang membedakan kawasan ini dengan kebanyakan di pegunungan Garut, Jawa Barat adalah uap putih yang membubung ke langit. Uap dari perut bumi.

Keindahan alam dan pemandangan sepanjang perjalanan menuju puncak Kawah Darajat. Sepanjang jalan Anda akan takjub, betapa suburnya negeri ini.

Keindahan alam dan pemandangan sepanjang perjalanan menuju puncak Kawah Darajat. Sepanjang jalan Anda akan takjub, betapa suburnya negeri ini.

Itulah kawasan wisata Gunung Darajat, Garut. Kawasan yang dikenal dengan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Gunung Darajat, Garut yang ditangani PT Chevron Geothermal Indonesia. Tak heran jika di situ muncul wisata pemandian air panas dengan segudang pernak-perniknya yang menggoda wisatawan berseluncur, melompat, bahkan bermain air tumpah. Tentu, kolamnya berisi air hangat.

Jalan menuju puncak Darajat

Jalan menuju puncak Darajat

Tidak sulit menjangkau kawasan berudara sejuk tersebut. Dari arah kota Garut, menuju arah Cikajang. Saat tiba di pertigaan Bayongbong silakan belok kanan. Jalan agak tersendat sedikit karena memasuki kawasan pasar. Ada beberapa pasar yang akan dilintasi, seperti Pasar Cibodas, Bayongbong dan beberapa pasar kecil lainnya yang tumpah ke jalan raya mulus beraspal hitam. Dari pertigaan Bayongbong jarak tempuh sekitar 20-an kilometer (km). Para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tinggal mengikuti jalan utama tersebut. Sedangkan bagi yang menggunakan angkutan umum harus memilih angkot berwarna kuning yang mengarah ke Pasirwangi. Selebihnya, bisa naik ojek sepeda motor.

Berpose dengan latar Gunung Cikuray yang berdiri gagah ketika rehat di perjalanan.

Berpose dengan latar Gunung Cikuray yang berdiri gagah ketika rehat di perjalanan.

Saat saya berkunjung di kawasan tersebut, September 2013, setidaknya ada tiga lokasi kolam pemandian air panas yang ditata cukup apik di kawasan perbukitan tersebut. Dua di antaranya adalah Puncak Darajat Pass dan Awit Sinar Alam Darajat.

6683235_20140608053810

Puncak Darajat Pass

Puncak Darajat Pass

Hampir semuanya menyediakan aneka permainan air yang memikat. Bedanya, air kolam terasa hangat. Pengelola juga menyediakan kolam air panas untuk terapi. Para pengunjung cukup merogoh kocek berkisar Rp 15-20 ribu per orang. Perbedaan tarif untuk membedakan pengunjung anak-anak dengan pengunjung dewasa. Tersedia kolam bagi anak-anak dengan beragam permainan seperti papan seluncur, air tumpah, hingga ban renang besar. Kolam air hangat dewasa juga ada.

Pemandangan yang indah di kolam air panas Darajat dengan latar Gunung Galunggung

Pemandangan yang indah di kolam air panas Darajat dengan latar Gunung Galunggung

Bahkan, ada juga fasilitas outbound bagi penyuka kegiatan petualangan. Aneka permainan yang mengundang adrenalin dan membangun kebersamaan seperti flaying fox dan shaking bridge, menjadi daya tarik tersendiri. Bermain di tengah sejuknya udara pegunungan. Oh ya, tersedia juga beragam penginapan dan restoran untuk bergoyang lidah. Soal penginapan, tarifnya beragam, berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta per malam.

206292_139897662749346_5842170_n

1185682_642774219074108_1373069968_n

Dimana lagi coba bisa berendam air panas di puncak pegunungan sambil menikmati keindahan alam Sang Pencipta?? :D

Dimana lagi coba bisa berendam air panas di puncak pegunungan sambil menikmati keindahan alam Sang Pencipta??😀

Selamat berkunjung… ^_^

Dipublikasi di Jalan-jalan | Tag , , , | 2 Komentar