Cuap-Cuap Cerita KKP (#KKP 1)

Untuk tulisan kali ini Gue mesti beralih genre. Hahh?? Apanya yang beralih genre?? Yahh bukan Gue-nya lah, tapi tulisannya. Iya yang tadinya tulisan-tulisan Gue genre-nya formal banget, bahasanya baku pisan, sekarang agak-agak nge-gahoel gitu. Hehe. Oke, dalam tulisan kali ini Gue akan full bercuap-cuap ria tentang kisah-kisah koplak bin dodol selama KKP bareng teman-teman kelompok Gue Garut, tepatnya Desa Girijaya Kecamatan Cikajang. Nahh sebelumnya pada tau gak KKP itu apaan?? KKP itu singkatan dari Kuliah Kerja Profesi. Sama aja dengan yang namanya PKL, KKL, KKN, atau PPL di kampus lain.

Oke, Gue kasih gambaran yah mengenai desa tempat KKP gue ini. Biar lu pada juga ngerasain sensasi dinginnya tempat ini. Hehe. Desa Girijaya adalah sebuah desa yang berada di dataran tinggi bertempat di Kabupaten Garut Jawa Barat, yang merupakan salah satu desa di Kecamatan Cikajang. Desa ini tepat banget di kaki gunung. Jadi udaranya dingin banget banget. Air aja kayak air es. Jangan coba deh mandi jam 7(-) tanpa air hangat. Bisa-bisa peredaran darah lu berhenti dan sekujur tubuh membeku seketika. Desa tempat Gue KKP ini view nya keren banget Men. Lu jalan-jalan aja ke bukit perkebunan masyarakat, dari sana lu bakalan terpesona dengan keindahan pemandangan yang terpampang di depan lu. Gunung Papandayan dan Cikuray berdiri dengan gagahnya.
view
Komoditas pertanian di desa lumayan lohh, ada wortel, kentang, dan kubis (kol). Paprika juga ada lohh. Jadi, orang udik kayak Gue yang masih asing dengan paprika, senang banget pas masuk rumah kaca tempat keluarga paprika beranak-pinak. Hehe.

Berpose (gue) di tengah-tengah tanaman paprika

Berpose (gue) di tengah-tengah tanaman paprika


Buah paprika siap panen

Buah paprika siap panen


Oya, yang istimewanya lagi dari desa ini adalah motor pengangkut hasil pertaniannya.
motor
Bisa lu liat gambar di atas, ban belakang motor di kasih rantai. Kenapa yah?? Ternyata oh ternyata tuh motor jago banget loh Guys. Bisa naik ke bukit-bukit dengan medan tanjakan nya yang super miring buat ngangkut hasil pertanian. Jadi tuh rante gunanya untuk memperbesar gesekan antara ban motor dengan permukaan tanah biar gak licin. Yahh itu hasil analisis Gue. Walaupun notabene ekonomi, sedikit banyaknya masih ingat ilmu-ilmu alam donks… Hehe.
Bekas gesekan ban motor berantai dengan jalan setapak di bukit perkebunan

Bekas gesekan ban motor berantai dengan jalan setapak di bukit perkebunan


Oke, gambaran view desa udah Gue bocorin. Selanjutnya Gue bakalan kenalin tokoh-tokoh yang rada-rada suka aneh selama Gue KKP di desa ini. Yahh mereka lah team satu kelompok Gue, “Girjay the Gengs” yang koplak tapi super hebat. Mereka lah orang-orang yang jadi teman hidup gue satu atap selama kurang lebih dua bulan (maunya sih 7 minggu aja.. ya gak Geng?? Hehe) di negeri dongeng ini. Apaan sihh. Hehe.
Berpose di depan kantor desa bersama Sekdes & perangkat desa

Berpose di depan kantor desa bersama Sekdes & perangkat desa

Ganies. Anak-anak di desa suka manggil doi’ dengan sebutan ‘Mak Enok’. Haha. Gak banget yah Guys. Padahal doi’ punya nama yang bagus loh. Ganies Oktaviana. Anak KPM (Komunikasi Pengembangan Masyarakat) dari Bekasi, Jawa tulen, mata sipit and bangga+senang banget keliatannya kalo di bilang mirip Cina. Anak paling aneh+gokiel di team Gue. Satu kelemahannya: Rapuh di depan cowo’ yang ia cintai. Duilehhh.

Ganies

Ganies


Melin. Punya nama lengkap Melinda Widya Ghamelina. Cewek Kuningan, satu-satunya makhluk yang ngerti bahasa Sunda di team Gue. Jadi kalo ada kenapa-kenapa, apalagi menyangkut komunikasi ke khalayak ramai, beliau inilah tempat Gue and teman-teman yang lain buat berpegang teguh biar gak ketiup angin. Hehe. Doi’ satu jurusan sama Gue, Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan, bareng Esya and Try juga. Mendapat hidayah dari Yang Maha Kuasa, make hijab dimulai pas awal-awal di Garut. Alhamdulillah yah. Orangnya rame dan suka bersih-bersih kamar, kalo ngomong suka tiba-tiba nimbrung langsung to the point. Jadi kadang orang gak ngerti and gak nyambung apa yang dia maksud dan omongin. Oya, satu lagi. Nih bocah paling penakut di team Gue. Orangnya suka parnoan gitu dehh. Apa-apa ditakutin. Orang yg ada disampingnya juga jadi ikut-ikutan takut. Ckckck.
Melin

Melin


Esya. Cewek Palembang dengan nama asli Esya Shadrina Rahmaputri, terlahir dari nyokap Jawa tulen dan bokap Sunda. Punya keluarga dan sodara yang berpencar dimana-mana, jadi gak jelas orang mana. Kita sering manggil dia dengan sebutan ‘pawang-nya Irfan’.
Esya

Esya


Try. Batak tulen sama kayak Gue. Bedanya dia batak toba, Gue batak mandailing. Orangtua ngasih nama Try Permatasari Siagian. Jadi, kalo marga Siagian-nya dihilangin orang-orang sering ngirain doi’ orang Jawa. Apalagi wajah yang mendukung kayak Wong Jowo. And satu lagi, doi’ sempat dicencengi sama seorang tokoh desa yang gak banget. Ckckckck. Sabar yah Try.
Try

Try


Dhani. Anak Gizi Masyarakat dari Riau, punya nama lengkap yang cukup singkat, padat, dan jelas. Ramadhani. Rapi jilbaban, manis, muka kebule-bulean. Secara di darahnya mengalir turunan Pakistan. Suka banget nonton Running Men. Setiap nonton, suara ngakaknya kedengeran sampe ke kampung sebelah. Satu lagi, doi’ suka banget nimbrung ngobrol sok-sok an pake bahasa Sunda. Gue aja sampe kagum ngeliatnya (dalam hati: Wahh hebat nihh anak udah jago bahasa Sunda, padahal baru beberapa hari di sini). Ehh ternyata sering salah menempatkan pemakaian kata. Misal, kata punten dengan mangga.
Dhani

Dhani


Irfan. Satu-satunya kaum Adam merangkap ketua kelompok Gue. Asal dari Cilegon jurusan Ekonomi Syariah, terlahir dengan nama Irfan Purnawan. Suka dicencengi sama Esya. Cowok paling aneh menurut Gue, tapi baik kok. Gak tau pendiam atau emang pemalu. Suka bikin kesal and gregetan cewek-cewek dengan sikapnya yang suka nyeleneh, apalagi Ganies.
Irfan

Irfan


Terakhir… Gue. And lu bisa baca sendiri profil Gue di menu ‘About Me’. Hehe.
Gue

Gue

#Bersambung…

Tentang Desi Harahap

> I am a moslem > I don't like smokers > My hobbies are reading novel, writing, cooking, traveling, and nature cruising.
Pos ini dipublikasikan di Cerita KKP (Kuliah Kerja Profesi) dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s