Mengintip Eksotisme Pesona Kawah Darajat

Berpose dengan anak-anak desa Pasir Wangi ketika rehat diperjalanan.

Berpose dengan anak-anak desa Pasir Wangi ketika rehat di perjalanan.

Apa sesungguhnya yang menjadi daya tarik Kawah Darajat? Tiada lain kawasan ini memiliki kawah yang menghasilkan uap panas serta bentangan pemandangan alamnya yang terdiri dari deretan pegunungan serta perkebunan yang membuatnya menjadi spesial untuk dijadikan salah satu alternatif berwisata ke Kota Dodol. Banyak pengunjung yang datang ke Kawah Darajat melakukan aktifitas seperti trekking, menikmati pemandangan, pemotretan, maupun melakukan penelitian mengenai kawah.

Kawasan ini berbukit dengan pemandangan hijau memanjakan mata. Persawahan dan tanaman sayuran membuat mata tak berkedip. Udaranya sejuk, mengelus wajah. Hal yang membedakan kawasan ini dengan kebanyakan di pegunungan Garut, Jawa Barat adalah uap putih yang membubung ke langit. Uap dari perut bumi.

Keindahan alam dan pemandangan sepanjang perjalanan menuju puncak Kawah Darajat. Sepanjang jalan Anda akan takjub, betapa suburnya negeri ini.

Keindahan alam dan pemandangan sepanjang perjalanan menuju puncak Kawah Darajat. Sepanjang jalan Anda akan takjub, betapa suburnya negeri ini.

Itulah kawasan wisata Gunung Darajat, Garut. Kawasan yang dikenal dengan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi di Gunung Darajat, Garut yang ditangani PT Chevron Geothermal Indonesia. Tak heran jika di situ muncul wisata pemandian air panas dengan segudang pernak-perniknya yang menggoda wisatawan berseluncur, melompat, bahkan bermain air tumpah. Tentu, kolamnya berisi air hangat.

Jalan menuju puncak Darajat

Jalan menuju puncak Darajat

Tidak sulit menjangkau kawasan berudara sejuk tersebut. Dari arah kota Garut, menuju arah Cikajang. Saat tiba di pertigaan Bayongbong silakan belok kanan. Jalan agak tersendat sedikit karena memasuki kawasan pasar. Ada beberapa pasar yang akan dilintasi, seperti Pasar Cibodas, Bayongbong dan beberapa pasar kecil lainnya yang tumpah ke jalan raya mulus beraspal hitam. Dari pertigaan Bayongbong jarak tempuh sekitar 20-an kilometer (km). Para wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tinggal mengikuti jalan utama tersebut. Sedangkan bagi yang menggunakan angkutan umum harus memilih angkot berwarna kuning yang mengarah ke Pasirwangi. Selebihnya, bisa naik ojek sepeda motor.

Berpose dengan latar Gunung Cikuray yang berdiri gagah ketika rehat di perjalanan.

Berpose dengan latar Gunung Cikuray yang berdiri gagah ketika rehat di perjalanan.

Saat saya berkunjung di kawasan tersebut, September 2013, setidaknya ada tiga lokasi kolam pemandian air panas yang ditata cukup apik di kawasan perbukitan tersebut. Dua di antaranya adalah Puncak Darajat Pass dan Awit Sinar Alam Darajat.

6683235_20140608053810

Puncak Darajat Pass

Puncak Darajat Pass

Hampir semuanya menyediakan aneka permainan air yang memikat. Bedanya, air kolam terasa hangat. Pengelola juga menyediakan kolam air panas untuk terapi. Para pengunjung cukup merogoh kocek berkisar Rp 15-20 ribu per orang. Perbedaan tarif untuk membedakan pengunjung anak-anak dengan pengunjung dewasa. Tersedia kolam bagi anak-anak dengan beragam permainan seperti papan seluncur, air tumpah, hingga ban renang besar. Kolam air hangat dewasa juga ada.

Pemandangan yang indah di kolam air panas Darajat dengan latar Gunung Galunggung

Pemandangan yang indah di kolam air panas Darajat dengan latar Gunung Galunggung

Bahkan, ada juga fasilitas outbound bagi penyuka kegiatan petualangan. Aneka permainan yang mengundang adrenalin dan membangun kebersamaan seperti flaying fox dan shaking bridge, menjadi daya tarik tersendiri. Bermain di tengah sejuknya udara pegunungan. Oh ya, tersedia juga beragam penginapan dan restoran untuk bergoyang lidah. Soal penginapan, tarifnya beragam, berkisar Rp 200 ribu hingga Rp 1 juta per malam.

206292_139897662749346_5842170_n

1185682_642774219074108_1373069968_n

Dimana lagi coba bisa berendam air panas di puncak pegunungan sambil menikmati keindahan alam Sang Pencipta?? :D

Dimana lagi coba bisa berendam air panas di puncak pegunungan sambil menikmati keindahan alam Sang Pencipta??😀

Selamat berkunjung… ^_^

Tentang Desi Harahap

> I am a moslem > I don't like smokers > My hobbies are reading novel, writing, cooking, traveling, and nature cruising.
Pos ini dipublikasikan di Jalan-jalan dan tag , , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Mengintip Eksotisme Pesona Kawah Darajat

  1. rendysetyawan13 berkata:

    Keren, lanjutkan terus berpetualangannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s